HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Rumah Makan Gratis Si Jum Sediakan 150 Porsi Makanan Gratis Kepada Masyarakat Bangkalan Di Tengah Pandemi Covid 19

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Sejumlah relawan di kabupaten Bangkalan membuka rumah makan gratis. Para relawan itu menyewa sebuah Rumah Toko (Ruko) di kawasan jalan Trunojoyo.69 Bangkalan atau di depan Dealer Honda Yamaha Tri Sakti Motor dijadikan  rumah makan Gratis dengan nama Si Jum. Setiap hari rumah makan Si Jum  menyediakan 150 porsi makanan yang diberikan secara Cuma-Cuma kepada masyarakat dan siapapun boleh makan di rumah makan Si Jum tersebut. rumah makan gratis si Jum ini berpusat di Klaten Jawa Tengah.     

Salah seorang relawan rumah makan Gratis Si Jum, Rohman menjelaskan rumah makan gratis Si Jum memberikan makanan kepada masyarakat yang membutuhkan.   “Kami di warung ini memberikan makanan terhadap orang yang membutuhkan, apalagi sekarang lagi pandemi Covid-19,” kata Rohman Kamis (06/01/2022).

Dikatakan Rohman, Rumah makan gratis  Si Jum ini di Madura hanya  di kabupaten Bangkalan. “Pusatnya Rumah Makan Gratis Si Jum ini di Klaten, untuk  Jam buka disini  kami buka sesudah adzan Dzuhur dan setelah makan yang kmai sediakan habis kami tutup,” jelas Rohman.

Dijelaskan Rohman, agar supaya masyarakat tahu, relawan memberikan woro woro kepada pengguna jalan jika Warung Si Jum menyediakan makanan gratis. “Ada  relawan kami yang memberikan informasi di dekat warung kepada masyarakat agar supaya mampir untuk makan gratis,” terangnya.

Ditambahkan Rohman, sebelum membka warung para relawan biasanya berdo,a terlenih dahulu. “Kami sebelum melakukan pembagian makan gratis, para relawan melakukan doa bersama terlebih dahulu supaya apa yang kita lakukan mendapatkan ridho dari Allah dan keselamatan anggota serta semua nya,” tuturnya.

Relawan yang membantu di rumah makan gratis Si jum ini kata Rohman, tidak ada yang di bayar semua ini dilakukan karena mengharapkan ridho dari Allah SWT. “Kami juga melakukan open donasi untuk para donatur yang mau membantu rumah makan kami  ini, agar kami membuka setiap hari,dan kalau hari Jum,at kami membagikan makanan gratis ini ke sejumlah masjid di kota bangkalan ini,” katanya.

Rohman bersyukur karena pemilik ruko yang ditempati warung makan gratis Si Jum mengratiskan sewanya.  “Alhadulillah Ruko yang kami tempati ini sekarang di gratiskan oleh pemilik nya, dan Alhamdulilah setiap kali ada orang yang makan disini ada saja para hamba Allah yang memberikan rezeki nya untuk rumah makan gratis ini, ya ada yang memberi beras,lauk pauk dan yang lain-lain nya,” ujar Rohman.

Sementara itu Wahyu yang sehari hari bekerja sebagai Gojek di Bangkalan bersyukur dengan adanya rumah makan gratis Si Jum. “Alhamdulillah dengan ada nya rumah makan makan gratis Si Jum ini kami semua para pekerja merasa sangat terbantu, apalagi seperti sekarang yang lagi masa pandemi Covid-19 tentunya bisa mengurangi pengeluaran,” pungkasnya. (edi/shb)